Senin, 27 April 2015

Batu Akik Bulu Monyet (Natural Neraphinite)

Batu Akik Batu Mulia - Beberapa tahun yang lalu, pasar batu mulia Indonesia kedatangan batu jenis baru, dengan inklusi didalamnya yang seperti bergerak jika tertimpa cahaya. Ada dua warna, pertama berwarna hitam dengan kilatan emas keabu-abuan dan yang satunya berwarna hijau dengan kilatan putih. Yang berwarna hitam adalah "Bulu Macan" dan yang berwarna hijau adalah "Bulu Monyet".

Batu bulu monyet ini mulai naik daun ataupun terkenal pada awal 2014 hingga 2015, trendnya semakin meningkat. Batu bulu monyet ini tidak hanya digunakan ditangan, tetapi terkadang dunia fashion menggunakan batu tersebut sebagai kalung juga, seingga menjadi keunikan tersendiri bagi sang pemakai batu akik jenis ini.

Warna batu ini bervariasi mulai dari warna merah, hijau sampai asli bulu monyet yakni abu-abu tua agak kehitaman. Asal usul batu ini tak lepas dari cerita dan kepercayaan sebagian masyarakat terhadap hewan liar ini yang dianggap memiliki kesaktian dan digolongkan sebagai hewan yang selalu menjadi perupa makhluk ghaib, termasuk binatang lain seperti buaya, belut, harimau dan lain-lain. Baca juga batu akik sisik naga


Menurut mineralnya sendiri, batu bulu monyet ini memiliki kandungan mineral Pietersite Quartz, sedangkan batu bulu monyet adalah Seraphinite. Memang agak sulit untuk membedakan kedua jenis batuan ini, sehingga bagi yang ingin membeli batu akik jenis ini harus memiliki pengamatan lebih jeli, yang mana untuk membeli bulu monyet dan yang mana bulu macan.

Berdasarkan referensi diatas, sebutan ahli gemologist untuk batu akik jenis ini adalah Batu bulu monyet (Natural Neraphinite) dan Batu Bulu Macan (Natural Tiger’s Glass) Untuk kekerasannya sendiri, batu akik jenis ini memiliki kekerasan sekitar 6 skala mohs, sehingga bagi pecinta akik harus lebih hati-hati untuk menjaga batu jenis ini jika beradu dengan batu akik yang lebih keras seperti batuan jenis Amethys.

Akik bulu monyet, motif bulu batu akik, akik dengan motif bulu hewan, akik serat bulu, batu akik serat bulu, batu akik motif bulu monyet, batu akik unik, batu akik bulu monyet harganya, harga akik bulu monyet, warna akik bulu monyet, akik hijau motif bulu
Batu Akik Bulu Monyet (Natural Neraphinite)

Berdasarkan beberapa informasi yang kami dapat, untuk batu akik jenis ini sementara hanya ditemukan di Jawa timur, dan beberapa wilayah daerah NTT. Untuk daerah lain belum diketahui keberadaannya. Untuk negara lainnya juga terdapat jenis dari batu ini, yaitu Pennsylvania. Dan dibeberapa negara bagian lainnya termasuk New York, Arizona and New Jersey. Kisaran harga dari batu jenis ini adalah Rp 300.000 dengan ukuran kecil hingga jutaan jika memiliki ukuran yang besar, untuk bongkahan atau bahan mentahnya sendiri, batu jenis ini memiliki harga yang cukup mahal karena keunikan kan kesulitan menemukannya pada saat ini.

Batu Akik Bulu Monyet (Natural Neraphinite) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar